Kisi-Kisi & Contoh Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2

Kisi-Kisi & Contoh Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2

Pendahuluan

Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang penting dalam mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari selama setengah semester. UTS kelas 3 SD semester 2 menjadi momen krusial untuk menilai kemampuan siswa dalam berbagai mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan lengkap mengenai kisi-kisi dan contoh soal UTS kelas 3 SD semester 2. Dengan adanya panduan ini, diharapkan guru dapat menyusun soal UTS yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, siswa juga dapat memanfaatkan contoh soal ini sebagai bahan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi UTS dengan lebih baik.



<p><strong>Kisi-Kisi & Contoh Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Kisi-Kisi & Contoh Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2</strong></p>
<p>“></p>
<p><strong>I. Kisi-Kisi UTS Kelas 3 SD Semester 2</strong></p>
<p>Kisi-kisi UTS merupakan matriks yang berisi informasi tentang kompetensi dasar (KD) yang akan diujikan, indikator soal, level kognitif, dan bentuk soal. Kisi-kisi ini menjadi acuan utama dalam penyusunan soal UTS. Berikut adalah contoh kisi-kisi UTS untuk beberapa mata pelajaran:</p>
<p><strong>A. Bahasa Indonesia</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Kompetensi Dasar</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1.</td>
<td>3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.</td>
<td>3.5.1 Menyebutkan cara-cara perawatan tumbuhan yang benar.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.5.2 Menjelaskan manfaat merawat hewan peliharaan.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
</tr>
<tr>
<td>2.</td>
<td>3.6 Menggali informasi tentang energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>3.6.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di lingkungan sekitar.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.6.2 Menjelaskan perubahan energi yang terjadi pada alat-alat elektronik.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>3.</td>
<td>4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.</td>
<td>4.5.1 Menulis laporan hasil wawancara tentang perawatan tumbuhan dengan bahasa yang baik dan benar.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>4.</td>
<td>4.6 Menyajikan informasi tentang energi dan perubahannya dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi.</td>
<td>4.6.1 Membuat poster tentang hemat energi di rumah.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>Keterangan:</strong></p>
<ul>
<li>C1: Mengingat (Recall)</li>
<li>C2: Memahami (Comprehension)</li>
<li>C3: Menerapkan (Application)</li>
</ul>
<p><strong>B. Matematika</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Kompetensi Dasar</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1.</td>
<td>3.6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.</td>
<td>3.6.1 Menghitung luas suatu bidang datar dengan satuan tidak baku.</td>
<td>C2</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.6.2 Menentukan volume suatu benda dengan satuan tidak baku.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
</tr>
<tr>
<td>2.</td>
<td>3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>3.7.1 Mengkonversi satuan panjang (meter ke centimeter, kilometer ke meter, dll.).</td>
<td>C2</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.7.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan berat (kilogram dan gram).</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>3.</td>
<td>4.6 Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.</td>
<td>4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas bidang datar.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>4.</td>
<td>4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>4.7.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu (jam, menit, detik).</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>C. IPA</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Kompetensi Dasar</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1.</td>
<td>3.5 Memahami berbagai sifat benda dan perubahannya (wujud, ukuran, warna, rasa, dan aroma) yang dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>3.5.1 Menyebutkan contoh perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.5.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
</tr>
<tr>
<td>2.</td>
<td>3.6 Memahami sumber energi, perubahan bentuk energi, dan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>3.6.1 Mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.6.2 Menjelaskan manfaat energi matahari bagi kehidupan.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>3.</td>
<td>4.5 Melakukan pengamatan terhadap perubahan wujud benda dan melaporkan hasilnya.</td>
<td>4.5.1 Melakukan percobaan sederhana tentang perubahan wujud benda (misalnya, membuat es batu).</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>4.</td>
<td>4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang sumber energi, perubahan bentuk energi, dan manfaat energi dalam bentuk tulisan dan visual.</td>
<td>4.6.1 Membuat bagan tentang perubahan bentuk energi.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>D. IPS</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Kompetensi Dasar</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1.</td>
<td>3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.</td>
<td>3.2.1 Menyebutkan contoh hak anak di rumah dan di sekolah.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.2.2 Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban di rumah dan di sekolah.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
</tr>
<tr>
<td>2.</td>
<td>3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.</td>
<td>3.3.1 Mengidentifikasi perbedaan karakteristik fisik antar teman di kelas.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.3.2 Menjelaskan manfaat menghargai perbedaan karakteristik individu.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>3.</td>
<td>4.2 Melaksanakan kewajiban dan menghargai hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.</td>
<td>4.2.1 Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan pelaksanaan kewajiban di sekolah.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>4.</td>
<td>4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.</td>
<td>4.3.1 Menceritakan pengalaman berinteraksi dengan teman yang berbeda karakteristik.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>E. PPKn</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Kompetensi Dasar</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1.</td>
<td>3.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila.</td>
<td>3.1.1 Menyebutkan simbol dari sila pertama Pancasila.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.1.2 Menjelaskan makna dari simbol sila kedua Pancasila.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
</tr>
<tr>
<td>2.</td>
<td>3.2 Mengidentifikasi contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>3.2.1 Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sila ketiga Pancasila di lingkungan sekolah.</td>
<td>C2</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>3.2.2 Menjelaskan manfaat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>3.</td>
<td>4.1 Menerapkan perilaku yang sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>4.1.1 Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sila keempat Pancasila di lingkungan keluarga.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
<tr>
<td>4.</td>
<td>4.2 Menceritakan pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.</td>
<td>4.2.1 Menceritakan pengalaman membantu teman yang sedang kesulitan sebagai wujud pengamalan sila kelima Pancasila.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>II. Contoh Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2</strong></p>
<p>Berikut adalah beberapa contoh soal UTS untuk masing-masing mata pelajaran berdasarkan kisi-kisi di atas:</p>
<p><strong>A. Bahasa Indonesia</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Tumbuhan perlu dirawat agar…<br />
a.  Cepat mati<br />
b.  Tumbuh subur<br />
c.  Layak dimakan<br />
d.  Menjadi sampah</p>
</li>
<li>
<p>Sebutkan dua manfaat merawat hewan peliharaan!</p>
</li>
<li>
<p>Sebutkan tiga sumber energi yang kamu ketahui!</p>
</li>
<li>
<p>Jelaskan perubahan energi yang terjadi pada lampu senter!</p>
</li>
<li>
<p>Buatlah laporan hasil wawancara tentang cara merawat tanaman mawar!</p>
</li>
<li>
<p>Buatlah poster sederhana tentang cara menghemat energi di rumah!</p>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Matematika</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Luas sebuah buku adalah 10 kotak satuan. Jika panjang buku adalah 5 kotak satuan, maka lebar buku adalah… kotak satuan.<br />
a.  2<br />
b.  5<br />
c.  15<br />
d.  50</p>
</li>
<li>
<p>Volume sebuah gelas diisi dengan 8 sendok air. Jika volume sebuah botol diisi dengan 24 sendok air, maka volume botol sama dengan… gelas.</p>
</li>
<li>
<p>2 meter sama dengan… centimeter.</p>
</li>
<li>
<p>Ibu membeli 2 kg apel dan 500 gram jeruk. Berapa gram berat buah yang dibeli Ibu seluruhnya?</p>
</li>
<li>
<p>Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang 10 meter dan lebar 5 meter. Berapa luas lapangan tersebut?</p>
</li>
<li>
<p>Ayah berangkat kerja pukul 07.00 dan pulang pukul 17.00. Berapa jam Ayah bekerja?</p>
</li>
</ol>
<p><strong>C. IPA</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat disebut…<br />
a.  Mencair<br />
b.  Membeku<br />
c.  Menguap<br />
d.  Mengembun</p>
</li>
<li>
<p>Sebutkan dua faktor yang mempengaruhi proses penguapan air!</p>
</li>
<li>
<p>Sebutkan tiga sumber energi alternatif yang kamu ketahui!</p>
</li>
<li>
<p>Jelaskan manfaat energi matahari bagi tumbuhan!</p>
</li>
<li>
<p>Lakukan percobaan sederhana membuat es batu dan catatlah hasil pengamatanmu!</p>
</li>
<li>
<p>Buatlah bagan yang menunjukkan perubahan energi pada kincir angin!</p>
</li>
</ol>
<p><strong>D. IPS</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Mendapatkan kasih sayang dari orang tua adalah… anak di rumah.<br />
a.  Kewajiban<br />
b.  Hak<br />
c.  Tugas<br />
d.  Pekerjaan</p>
</li>
<li>
<p>Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban di sekolah?</p>
</li>
<li>
<p>Sebutkan tiga perbedaan karakteristik fisik antar teman di kelasmu!</p>
</li>
<li>
<p>Mengapa kita harus menghargai perbedaan karakteristik individu?</p>
</li>
<li>
<p>Berikan contoh perilaku yang mencerminkan pelaksanaan kewajibanmu sebagai siswa di sekolah!</p>
</li>
<li>
<p>Ceritakan pengalamanmu berinteraksi dengan teman yang berbeda suku atau agama!</p>
</li>
</ol>
<p><strong>E. PPKn</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Simbol sila pertama Pancasila adalah…<br />
a.  Bintang<br />
b.  Rantai<br />
c.  Pohon Beringin<br />
d.  Kepala Banteng</p>
</li>
<li>
<p>Jelaskan makna dari simbol rantai pada sila kedua Pancasila!</p>
</li>
<li>
<p>Memberikan kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat merupakan contoh pengamalan sila ke… Pancasila.</p>
</li>
<li>
<p>Mengapa kita harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat?</p>
</li>
<li>
<p>Berikan contoh perilaku yang mencerminkan sila keempat Pancasila di lingkungan keluargamu!</p>
</li>
<li>
<p>Ceritakan pengalamanmu membantu teman yang sedang kesulitan sebagai wujud pengamalan sila kelima Pancasila!</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Kisi-kisi dan contoh soal UTS kelas 3 SD semester 2 ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyusun soal yang relevan dan komprehensif. Bagi siswa, contoh soal ini dapat dijadikan sebagai bahan latihan untuk meningkatkan pemahaman materi dan mempersiapkan diri menghadapi UTS dengan lebih percaya diri.</p>
<p>Penting untuk diingat bahwa contoh soal ini hanyalah sebagian kecil dari materi yang telah dipelajari. Siswa tetap perlu belajar secara menyeluruh dan memahami konsep-konsep dasar agar dapat menjawab soal UTS dengan baik.</p>
<p>Semoga sukses!</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *