Kisi-Kisi Soal Kelas 3 Tema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Kisi-Kisi Soal Kelas 3 Tema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) menekankan pembelajaran tematik integratif, di mana berbagai mata pelajaran dihubungkan melalui tema sentral. Tema 1 untuk kelas 3 SD/MI biasanya berfokus pada "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup." Kisi-kisi soal adalah panduan penting bagi guru dalam menyusun instrumen evaluasi yang valid dan reliabel. Kisi-kisi ini menjamin bahwa soal-soal yang dibuat selaras dengan kompetensi dasar (KD) yang ingin dicapai, materi yang telah diajarkan, dan indikator pencapaian kompetensi. Artikel ini akan menguraikan contoh kisi-kisi soal untuk kelas 3 tema 1, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya.

Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi Soal



<p><strong>Kisi-Kisi Soal Kelas 3 Tema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Kisi-Kisi Soal Kelas 3 Tema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</strong></p>
<p>“></p>
<p>Penyusunan kisi-kisi soal memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:</p>
<ul>
<li><strong>Memastikan Validitas Konten:</strong> Kisi-kisi memastikan bahwa soal-soal yang dibuat relevan dengan materi yang telah dipelajari siswa.</li>
<li><strong>Memastikan Representasi KD:</strong> Kisi-kisi memastikan bahwa semua KD yang relevan dengan tema terwakili dalam soal-soal.</li>
<li><strong>Memandu Penulisan Soal:</strong> Kisi-kisi memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam menulis soal, termasuk tingkat kognitif yang diharapkan.</li>
<li><strong>Memudahkan Analisis Hasil Evaluasi:</strong> Kisi-kisi mempermudah analisis hasil evaluasi karena guru mengetahui KD mana yang sudah dikuasai siswa dan KD mana yang masih perlu diperbaiki.</li>
<li><strong>Meningkatkan Kualitas Penilaian:</strong> Dengan kisi-kisi yang baik, kualitas penilaian akan meningkat karena lebih terstruktur dan terarah.</li>
</ul>
<p><strong>Komponen Kisi-Kisi Soal</strong></p>
<p>Sebuah kisi-kisi soal yang komprehensif biasanya mencakup komponen-komponen berikut:</p>
<ol>
<li><strong>Tema:</strong> Judul tema yang menjadi fokus penilaian.</li>
<li><strong>Subtema:</strong> Subtema yang lebih spesifik dalam tema tersebut.</li>
<li><strong>Muatan Pelajaran:</strong> Mata pelajaran yang terintegrasi dalam tema (contoh: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, SBdP, PPKn).</li>
<li><strong>Kompetensi Dasar (KD):</strong> Rumusan kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari materi.</li>
<li><strong>Indikator Soal:</strong> Rumusan yang lebih spesifik tentang apa yang harus diukur oleh soal. Indikator ini diturunkan dari KD.</li>
<li><strong>Level Kognitif:</strong> Tingkat berpikir yang diukur oleh soal (C1: Pengetahuan/Hafalan, C2: Pemahaman, C3: Penerapan, C4: Analisis).</li>
<li><strong>Bentuk Soal:</strong> Jenis soal yang digunakan (contoh: Pilihan Ganda, Isian Singkat, Uraian).</li>
<li><strong>Nomor Soal:</strong> Nomor urut soal dalam perangkat tes.</li>
<li><strong>Jumlah Soal:</strong> Jumlah soal untuk setiap KD atau indikator.</li>
</ol>
<p><strong>Contoh Kisi-Kisi Soal Kelas 3 Tema 1</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh kisi-kisi soal untuk kelas 3 tema 1 "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup."</p>
<table>
<thead>
<tr>
<th><strong>Tema</strong></th>
<th><strong>Subtema</strong></th>
<th><strong>Muatan Pelajaran</strong></th>
<th><strong>KD</strong></th>
<th><strong>Indikator Soal</strong></th>
<th><strong>Level Kognitif</strong></th>
<th><strong>Bentuk Soal</strong></th>
<th><strong>Nomor Soal</strong></th>
<th><strong>Jumlah Soal</strong></th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Ciri-Ciri Makhluk Hidup</td>
<td>Bahasa Indonesia</td>
<td>3.4 Memahami kosakata dan konsep tentang ciri-ciri makhluk hidup, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.</td>
<td>3.4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (bergerak, bernapas, makan, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsang).</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>1</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Ciri-Ciri Makhluk Hidup</td>
<td>Bahasa Indonesia</td>
<td>3.4 Memahami kosakata dan konsep tentang ciri-ciri makhluk hidup, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.</td>
<td>3.4.2 Menjelaskan perbedaan pertumbuhan pada manusia dan hewan.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
<td>2</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Pertumbuhan Manusia</td>
<td>Matematika</td>
<td>3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.</td>
<td>3.1.1 Menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah dengan teknik menyimpan.</td>
<td>C3</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>3</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Pertumbuhan Manusia</td>
<td>Matematika</td>
<td>3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.</td>
<td>3.1.2 Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan cacah.</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>4</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Pertumbuhan Hewan</td>
<td>IPA</td>
<td>3.1 Memahami ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan.</td>
<td>3.1.1 Mengidentifikasi tahapan pertumbuhan pada hewan (contoh: daur hidup kupu-kupu).</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>5</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Pertumbuhan Hewan</td>
<td>IPA</td>
<td>3.1 Memahami ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan.</td>
<td>3.1.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan hewan.</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
<td>6</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Perkembangan Tumbuhan</td>
<td>IPA</td>
<td>3.1 Memahami ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan.</td>
<td>3.1.3 Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>7</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Perkembangan Tumbuhan</td>
<td>IPA</td>
<td>3.1 Memahami ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan.</td>
<td>3.1.4 Menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan.</td>
<td>C2</td>
<td>Uraian</td>
<td>8</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Bersyukur atas Karunia Tuhan</td>
<td>PPKn</td>
<td>1.1 Mensyukuri perbedaan karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.</td>
<td>1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas perbedaan kemampuan yang dimiliki setiap individu.</td>
<td>Afektif</td>
<td>Observasi</td>
<td>–</td>
<td>–</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Bersyukur atas Karunia Tuhan</td>
<td>PPKn</td>
<td>3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.</td>
<td>3.2.1 Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan.</td>
<td>C2</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>9</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Gerak dalam Tari</td>
<td>SBdP</td>
<td>3.3 Memahami gerak dasar tari daerah.</td>
<td>3.3.1 Mengidentifikasi gerak dasar tari (contoh: gerak kepala, tangan, kaki).</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>10</td>
<td>1</td>
</tr>
<tr>
<td>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</td>
<td>Gerak dalam Tari</td>
<td>SBdP</td>
<td>4.3 Memeragakan gerak dasar tari daerah.</td>
<td>4.3.1 Mempraktikkan gerakan tari sederhana yang menggambarkan pertumbuhan makhluk hidup.</td>
<td>Psikomotor</td>
<td>Unjuk Kerja</td>
<td>–</td>
<td>–</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>Contoh Soal dan Pembahasan</strong></p>
<p>Berikut adalah beberapa contoh soal yang sesuai dengan kisi-kisi di atas, beserta pembahasannya:</p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – Bahasa Indonesia, C1):</strong></p>
<p>Manakah di bawah ini yang <em>bukan</em> merupakan ciri-ciri makhluk hidup?</p>
<p>a. Bergerak<br />
b. Bernapas<br />
c. Membutuhkan makanan<br />
d. Tidak membutuhkan air</p>
<p><strong>Jawaban: d.</strong> (Makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup).</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Uraian – Bahasa Indonesia, C2):</strong></p>
<p>Jelaskan perbedaan pertumbuhan pada manusia dan hewan!</p>
<p><strong>Jawaban:</strong> Pertumbuhan manusia berlangsung sepanjang hidup, meskipun lajunya berbeda-beda pada setiap tahap. Manusia mengalami pertumbuhan tinggi badan dan berat badan. Sementara itu, pertumbuhan hewan umumnya terbatas pada usia tertentu. Setelah mencapai usia dewasa, pertumbuhan hewan biasanya berhenti.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – Matematika, C3):</strong></p>
<p>Ibu membeli 255 buah jeruk dan 128 buah apel. Berapa jumlah buah yang dibeli Ibu seluruhnya?</p>
<p>a. 373<br />
b. 383<br />
c. 393<br />
d. 403</p>
<p><strong>Jawaban: b.</strong> (255 + 128 = 383)</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Uraian – Matematika, C3):</strong></p>
<p>Siti memiliki 145 biji kacang. Dayu memiliki 127 biji kacang. Jika mereka menggabungkan biji kacang mereka, berapa jumlah total biji kacang yang mereka miliki? Tuliskan cara penyelesaiannya!</p>
<p><strong>Jawaban:</strong></p>
<ul>
<li>Jumlah biji kacang Siti: 145</li>
<li>Jumlah biji kacang Dayu: 127</li>
<li>Jumlah total: 145 + 127 = 272</li>
<li>Jadi, jumlah total biji kacang yang mereka miliki adalah 272.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – IPA, C1):</strong></p>
<p>Urutan tahapan daur hidup kupu-kupu yang benar adalah…</p>
<p>a. Telur – Larva – Pupa – Kupu-kupu<br />
b. Telur – Pupa – Larva – Kupu-kupu<br />
c. Larva – Telur – Pupa – Kupu-kupu<br />
d. Pupa – Telur – Larva – Kupu-kupu</p>
<p><strong>Jawaban: a.</strong> (Telur – Larva – Pupa – Kupu-kupu)</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Isian Singkat – IPA, C2):</strong></p>
<p>Sebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan hewan!</p>
<p><strong>Jawaban:</strong> Makanan/Nutrisi, Lingkungan, Genetik</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – IPA, C1):</strong></p>
<p>Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah adalah…</p>
<p>a. Daun<br />
b. Batang<br />
c. Akar<br />
d. Bunga</p>
<p><strong>Jawaban: c.</strong> (Akar)</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Uraian – IPA, C2):</strong></p>
<p>Jelaskan apa yang dimaksud dengan fotosintesis dan mengapa proses ini penting bagi tumbuhan!</p>
<p><strong>Jawaban:</strong> Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Proses ini penting karena menghasilkan makanan bagi tumbuhan dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lain.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – PPKn, C2):</strong></p>
<p>Mengapa kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita?</p>
<p>a. Agar bisa bermain sepuasnya.<br />
b. Agar bisa belajar dengan baik dan beraktivitas dengan lancar.<br />
c. Agar dipuji oleh teman-teman.<br />
d. Agar terlihat kuat.</p>
<p><strong>Jawaban: b.</strong> (Agar bisa belajar dengan baik dan beraktivitas dengan lancar.)</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal (Pilihan Ganda – SBdP, C1):</strong></p>
<p>Gerakan mengayunkan tangan ke depan dan ke belakang termasuk gerak dasar…</p>
<p>a. Kepala<br />
b. Tangan<br />
c. Kaki<br />
d. Badan</p>
<p><strong>Jawaban: b.</strong> (Tangan)</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Kisi-kisi soal adalah alat bantu yang sangat berguna bagi guru dalam menyusun soal evaluasi yang berkualitas. Dengan mengikuti kisi-kisi yang baik, guru dapat memastikan bahwa soal-soal yang dibuat relevan dengan materi pembelajaran, mencakup semua KD yang penting, dan mengukur tingkat kognitif yang sesuai. Contoh kisi-kisi soal kelas 3 tema 1 "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup" yang telah diuraikan di atas diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam menyusun instrumen evaluasi yang efektif dan efisien. Penting untuk diingat bahwa kisi-kisi ini hanyalah contoh dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di kelas masing-masing.</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *