KISI-KISI SOAL K13 KELAS 5 TEMA 3: MAKANAN SEHAT

KISI-KISI SOAL K13 KELAS 5 TEMA 3: MAKANAN SEHAT

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) menekankan pada pembelajaran tematik integratif, yang menghubungkan berbagai mata pelajaran dalam satu tema. Tema 3 untuk kelas 5 SD adalah "Makanan Sehat," yang bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang pentingnya makanan sehat bagi tubuh, sistem pencernaan, serta dampaknya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kisi-kisi soal merupakan blueprint atau pedoman yang sangat penting dalam penyusunan soal. Kisi-kisi soal memastikan bahwa soal yang dibuat relevan dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Dengan adanya kisi-kisi, guru dapat membuat soal yang terstruktur, valid, dan reliabel, sehingga mampu mengukur kemampuan siswa secara akurat.



<p><strong>KISI-KISI SOAL K13 KELAS 5 TEMA 3: MAKANAN SEHAT</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>KISI-KISI SOAL K13 KELAS 5 TEMA 3: MAKANAN SEHAT</strong></p>
<p>“></p>
<p>Artikel ini akan menyajikan contoh kisi-kisi soal K13 kelas 5 tema 3 "Makanan Sehat" secara detail, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Tujuannya adalah untuk memberikan panduan bagi guru dalam menyusun soal yang berkualitas dan efektif dalam mengevaluasi pemahaman siswa.</p>
<p><strong>A. Komponen Kisi-Kisi Soal</strong></p>
<p>Sebelum menyusun kisi-kisi soal, penting untuk memahami komponen-komponen yang harus ada di dalamnya:</p>
<ol>
<li>
<p><strong>Identitas:</strong></p>
<ul>
<li>Tema: Makanan Sehat</li>
<li>Kelas/Semester: 5/1</li>
<li>Mata Pelajaran: (Misalnya: Bahasa Indonesia, IPA, IPS)</li>
<li>Jumlah Soal: (Ditentukan sesuai kebutuhan)</li>
<li>Bentuk Soal: (Pilihan ganda, isian singkat, uraian)</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Kompetensi Dasar (KD):</strong> KD diambil dari kurikulum K13 yang relevan dengan tema "Makanan Sehat."</p>
</li>
<li>
<p><strong>Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):</strong> IPK merupakan penjabaran dari KD, yang menunjukkan kemampuan spesifik yang harus dikuasai siswa.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Materi Pokok:</strong> Materi yang menjadi dasar penyusunan soal.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Indikator Soal:</strong> Rumusan kemampuan yang akan diukur melalui soal. Indikator soal harus jelas dan terukur.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Bentuk Soal:</strong> Jenis soal yang akan digunakan (pilihan ganda, isian singkat, uraian).</p>
</li>
<li>
<p><strong>Nomor Soal:</strong> Nomor urut soal dalam perangkat tes.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Level Kognitif:</strong> Tingkat berpikir yang diukur oleh soal (C1: mengingat, C2: memahami, C3: menerapkan, C4: menganalisis, C5: mengevaluasi, C6: mencipta).</p>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Contoh Kisi-Kisi Soal Tema 3 Kelas 5</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh kisi-kisi soal tema 3 "Makanan Sehat" untuk beberapa mata pelajaran:</p>
<p><strong>1. Bahasa Indonesia</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>KD</th>
<th>IPK</th>
<th>Materi Pokok</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Bentuk Soal</th>
<th>No. Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1</td>
<td>3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.</td>
<td>3.4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan yang menarik.</td>
<td>Iklan Media Cetak dan Elektronik</td>
<td>Disajikan contoh iklan media cetak, siswa dapat menyebutkan 2 ciri-ciri bahasa iklan yang digunakan dengan tepat.</td>
<td>Uraian</td>
<td>1</td>
<td>C2</td>
</tr>
<tr>
<td>2</td>
<td>3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.</td>
<td>3.4.2 Menjelaskan tujuan iklan.</td>
<td>Iklan Media Cetak dan Elektronik</td>
<td>Disajikan sebuah iklan produk makanan sehat, siswa dapat menjelaskan tujuan iklan tersebut dengan benar.</td>
<td>Uraian</td>
<td>2</td>
<td>C2</td>
</tr>
<tr>
<td>3</td>
<td>4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.</td>
<td>4.4.1 Membuat iklan sederhana tentang makanan sehat.</td>
<td>Membuat Iklan</td>
<td>Siswa dapat membuat iklan sederhana tentang pentingnya sarapan sehat dengan bahasa yang menarik dan persuasif.</td>
<td>Uraian</td>
<td>3</td>
<td>C6</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>KD</th>
<th>IPK</th>
<th>Materi Pokok</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Bentuk Soal</th>
<th>No. Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1</td>
<td>3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan sistem pencernaan.</td>
<td>3.3.1 Menyebutkan organ-organ pencernaan pada manusia.</td>
<td>Organ Pencernaan Manusia</td>
<td>Siswa dapat menyebutkan 3 organ pencernaan manusia secara urut dengan benar.</td>
<td>Isian</td>
<td>4</td>
<td>C1</td>
</tr>
<tr>
<td>2</td>
<td>3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan sistem pencernaan.</td>
<td>3.3.2 Menjelaskan fungsi setiap organ pencernaan.</td>
<td>Fungsi Organ Pencernaan</td>
<td>Disajikan gambar organ pencernaan (misalnya, lambung), siswa dapat menjelaskan fungsi organ tersebut dalam proses pencernaan.</td>
<td>Uraian</td>
<td>5</td>
<td>C2</td>
</tr>
<tr>
<td>3</td>
<td>3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan sistem pencernaan.</td>
<td>3.3.3 Mengidentifikasi gangguan pada sistem pencernaan.</td>
<td>Gangguan Sistem Pencernaan</td>
<td>Disajikan deskripsi tentang gejala penyakit (misalnya, diare), siswa dapat mengidentifikasi penyakit tersebut dan menyebutkan penyebabnya.</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>6</td>
<td>C3</td>
</tr>
<tr>
<td>4</td>
<td>4.3 Menyajikan karya (misalnya model) tentang organ pencernaan manusia.</td>
<td>4.3.1 Membuat bagan sederhana tentang sistem pencernaan manusia.</td>
<td>Bagan Sistem Pencernaan</td>
<td>Siswa dapat membuat bagan sederhana yang menunjukkan urutan organ pencernaan dan proses yang terjadi di setiap organ.</td>
<td>Uraian</td>
<td>7</td>
<td>C6</td>
</tr>
<tr>
<td>5</td>
<td>3.4 Menganalisis kandungan gizi pada makanan dan dampaknya bagi kesehatan.</td>
<td>3.4.1 Mengidentifikasi kandungan gizi pada makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral).</td>
<td>Kandungan Gizi Makanan</td>
<td>Disajikan daftar makanan, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>8</td>
<td>C1</td>
</tr>
<tr>
<td>6</td>
<td>3.4 Menganalisis kandungan gizi pada makanan dan dampaknya bagi kesehatan.</td>
<td>3.4.2 Menjelaskan dampak kekurangan gizi tertentu bagi kesehatan.</td>
<td>Dampak Kekurangan Gizi</td>
<td>Siswa dapat menjelaskan dampak kekurangan vitamin D bagi kesehatan tulang.</td>
<td>Uraian</td>
<td>9</td>
<td>C2</td>
</tr>
<tr>
<td>7</td>
<td>4.4 Membuat laporan hasil pengamatan tentang kandungan gizi pada makanan.</td>
<td>4.4.1 Melakukan pengamatan sederhana tentang kandungan gizi pada makanan (misalnya, uji kandungan amilum pada makanan).</td>
<td>Pengamatan Kandungan Gizi</td>
<td>Siswa dapat merancang dan melakukan percobaan sederhana untuk menguji kandungan amilum pada berbagai jenis makanan dan membuat laporan hasil pengamatan.</td>
<td>Uraian</td>
<td>10</td>
<td>C5</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)</strong></p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>KD</th>
<th>IPK</th>
<th>Materi Pokok</th>
<th>Indikator Soal</th>
<th>Bentuk Soal</th>
<th>No. Soal</th>
<th>Level Kognitif</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.</td>
<td>3.3.1 Mengidentifikasi berbagai jenis pekerjaan yang terkait dengan produksi makanan.</td>
<td>Pekerjaan Terkait Produksi Makanan</td>
<td>Siswa dapat menyebutkan 3 jenis pekerjaan yang terlibat dalam proses produksi makanan (misalnya, petani, pedagang, koki).</td>
<td>Isian</td>
<td>11</td>
<td>C1</td>
</tr>
<tr>
<td>2</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.</td>
<td>3.3.2 Menjelaskan hubungan antara kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) dengan ketersediaan makanan.</td>
<td>Hubungan Kegiatan Ekonomi dan Ketersediaan Makanan</td>
<td>Siswa dapat menjelaskan bagaimana kegiatan distribusi makanan mempengaruhi ketersediaan makanan di suatu daerah.</td>
<td>Uraian</td>
<td>12</td>
<td>C2</td>
</tr>
<tr>
<td>3</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.</td>
<td>3.3.3 Memberikan contoh dampak positif dan negatif dari kegiatan ekonomi terkait makanan terhadap lingkungan.</td>
<td>Dampak Kegiatan Ekonomi Terhadap Lingkungan</td>
<td>Siswa dapat memberikan contoh dampak positif (misalnya, peningkatan pendapatan petani) dan dampak negatif (misalnya, penggunaan pestisida berlebihan) dari kegiatan ekonomi terkait makanan.</td>
<td>Uraian</td>
<td>13</td>
<td>C3</td>
</tr>
<tr>
<td>4</td>
<td>4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.</td>
<td>4.3.1 Membuat laporan sederhana tentang kegiatan ekonomi terkait makanan di lingkungan sekitar.</td>
<td>Laporan Kegiatan Ekonomi</td>
<td>Siswa dapat melakukan wawancara dengan pedagang makanan di pasar tradisional dan membuat laporan sederhana tentang kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar tersebut.</td>
<td>Uraian</td>
<td>14</td>
<td>C5</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>C. Contoh Soal dan Pembahasan</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh soal yang sesuai dengan kisi-kisi di atas:</p>
<p><strong>Bahasa Indonesia:</strong></p>
<ol>
<li>Sebutkan 2 ciri-ciri bahasa iklan yang menarik! (Uraian, No. 1)
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> Ciri-ciri bahasa iklan yang menarik antara lain: menggunakan kalimat persuasif, menggunakan kata-kata yang unik dan mudah diingat, menggunakan bahasa yang sesuai dengan target audiens.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>IPA:</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Sebutkan 3 organ pencernaan manusia secara urut! (Isian, No. 4)</p>
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> Mulut, kerongkongan, lambung.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p>Jelaskan fungsi lambung dalam proses pencernaan! (Uraian, No. 5)</p>
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> Lambung berfungsi untuk menyimpan makanan sementara, mencerna protein dengan bantuan enzim pepsin, dan membunuh bakteri yang masuk bersama makanan.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p>Diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer secara terus-menerus. Apa penyebab utama diare? (Pilihan Ganda, No. 6)<br />
a.  Kurang minum air<br />
b.  Terlalu banyak makan<br />
c.  Infeksi bakteri atau virus<br />
d.  Kurang istirahat</p>
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> c. Infeksi bakteri atau virus</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>IPS:</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Sebutkan 3 jenis pekerjaan yang terlibat dalam proses produksi makanan! (Isian, No. 11)</p>
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> Petani, pedagang, koki.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p>Jelaskan bagaimana kegiatan distribusi makanan mempengaruhi ketersediaan makanan di suatu daerah! (Uraian, No. 12)</p>
<ul>
<li><strong>Pembahasan:</strong> Kegiatan distribusi makanan yang lancar akan memastikan bahwa makanan tersedia di berbagai daerah, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses makanan yang mereka butuhkan. Jika distribusi terhambat, ketersediaan makanan akan berkurang dan harga makanan dapat meningkat.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>D. Tips Penyusunan Soal</strong></p>
<ul>
<li><strong>Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana:</strong> Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu kompleks.</li>
<li><strong>Sesuaikan dengan Tingkat Kognitif Siswa:</strong> Soal harus disesuaikan dengan kemampuan berpikir siswa kelas 5.</li>
<li><strong>Gunakan Konteks yang Relevan:</strong> Kaitkan soal dengan kehidupan sehari-hari siswa agar lebih mudah dipahami.</li>
<li><strong>Perhatikan Validitas dan Reliabilitas Soal:</strong> Pastikan soal mengukur apa yang seharusnya diukur dan konsisten dalam memberikan hasil.</li>
<li><strong>Lakukan Review dan Revisi:</strong> Setelah menyusun soal, lakukan review dan revisi untuk memastikan kualitas soal.</li>
</ul>
<p><strong>Kesimpulan</strong></p>
<p>Kisi-kisi soal merupakan alat yang sangat penting dalam penyusunan soal yang berkualitas. Dengan mengikuti kisi-kisi yang telah dibuat, guru dapat memastikan bahwa soal yang dibuat relevan dengan KD dan IPK, serta mampu mengukur kemampuan siswa secara akurat. Contoh kisi-kisi soal tema 3 "Makanan Sehat" yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam menyusun soal yang efektif dan bermanfaat bagi pembelajaran siswa. Selain itu, pemahaman tentang komponen kisi-kisi, contoh soal, dan tips penyusunan soal akan membantu guru dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran.</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *