Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 Tema 5: Cuaca

Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 Tema 5: Cuaca

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) menekankan pendekatan tematik integratif dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). Tema 5 untuk kelas 3 SD, yaitu "Cuaca", mengajak siswa untuk memahami berbagai fenomena cuaca, pengaruhnya terhadap kehidupan, serta cara menyikapi perubahan cuaca. Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi ini, diperlukan kisi-kisi soal yang komprehensif dan relevan. Artikel ini akan menyajikan contoh kisi-kisi soal K13 kelas 3 tema 5, lengkap dengan indikator pencapaian kompetensi, bentuk soal, dan contoh soal.

Tujuan Pembuatan Kisi-Kisi Soal



<p><strong>Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 Tema 5: Cuaca</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 Tema 5: Cuaca</strong></p>
<p>“></p>
<p>Kisi-kisi soal dibuat dengan tujuan:</p>
<ul>
<li><strong>Memandu guru</strong> dalam menyusun soal yang sesuai dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK).</li>
<li><strong>Memastikan validitas dan reliabilitas</strong> soal yang diujikan.</li>
<li><strong>Memetakan tingkat pemahaman</strong> siswa terhadap materi pembelajaran.</li>
<li><strong>Menjadi acuan</strong> dalam melakukan analisis hasil belajar dan tindak lanjut.</li>
</ul>
<p><strong>Komponen Kisi-Kisi Soal</strong></p>
<p>Kisi-kisi soal K13 kelas 3 tema 5 terdiri dari beberapa komponen utama:</p>
<ol>
<li><strong>Tema:</strong> Cuaca</li>
<li><strong>Subtema:</strong>
<ul>
<li>Subtema 1: Keadaan Cuaca</li>
<li>Subtema 2: Perubahan Cuaca</li>
<li>Subtema 3: Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia</li>
<li>Subtema 4: Cuaca, Musim, dan Iklim</li>
</ul>
</li>
<li><strong>Kompetensi Dasar (KD):</strong> KD diambil dari Kurikulum 2013 yang relevan dengan tema cuaca.</li>
<li><strong>Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):</strong> IPK merupakan jabaran dari KD yang lebih spesifik dan terukur.</li>
<li><strong>Materi Pokok:</strong> Materi yang menjadi fokus dalam soal.</li>
<li><strong>Level Kognitif:</strong> Tingkat berpikir yang diukur dalam soal (C1: mengingat, C2: memahami, C3: menerapkan, C4: menganalisis).</li>
<li><strong>Bentuk Soal:</strong> Jenis soal yang digunakan (pilihan ganda, isian singkat, uraian).</li>
<li><strong>Nomor Soal:</strong> Nomor urut soal dalam perangkat tes.</li>
<li><strong>Contoh Soal:</strong> Contoh soal yang sesuai dengan IPK dan level kognitif.</li>
</ol>
<p><strong>Contoh Kisi-Kisi Soal Tema 5 Kelas 3 SD</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh kisi-kisi soal tema 5 kelas 3 SD:</p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>No.</th>
<th>Tema</th>
<th>Subtema</th>
<th>KD</th>
<th>IPK</th>
<th>Materi Pokok</th>
<th>Level Kognitif</th>
<th>Bentuk Soal</th>
<th>Nomor Soal</th>
<th>Contoh Soal</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1</td>
<td>Cuaca</td>
<td>1</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.</td>
<td>3.3.1 Menyebutkan macam-macam keadaan cuaca (cerah, berawan, mendung, hujan).</td>
<td>Macam-macam keadaan cuaca</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>1</td>
<td>Di bawah ini yang termasuk keadaan cuaca adalah…  a. Panas  b. Dingin  c. Hujan  d. Sejuk</td>
</tr>
<tr>
<td>2</td>
<td>Cuaca</td>
<td>1</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.</td>
<td>3.3.2 Menjelaskan ciri-ciri keadaan cuaca (cerah, berawan, mendung, hujan).</td>
<td>Ciri-ciri cuaca cerah</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
<td>2</td>
<td>Ketika cuaca cerah, matahari bersinar …</td>
</tr>
<tr>
<td>3</td>
<td>Cuaca</td>
<td>2</td>
<td>3.3 Mengidentifikasi informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.</td>
<td>3.3.3 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dipengaruhi oleh perubahan cuaca.</td>
<td>Pengaruh cuaca</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>3</td>
<td>Sebutkan 3 kegiatan yang bisa kamu lakukan saat cuaca cerah!</td>
</tr>
<tr>
<td>4</td>
<td>Cuaca</td>
<td>2</td>
<td>4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.</td>
<td>4.3.1 Menuliskan laporan hasil pengamatan tentang perubahan cuaca selama satu minggu.</td>
<td>Laporan pengamatan cuaca</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>4</td>
<td>Buatlah laporan singkat tentang perubahan cuaca yang terjadi di lingkungan rumahmu selama seminggu terakhir! (Sertakan hari, tanggal, dan keadaan cuaca pada hari itu).</td>
</tr>
<tr>
<td>5</td>
<td>Cuaca</td>
<td>3</td>
<td>3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.</td>
<td>3.4.1 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman saat melakukan kegiatan bersama.</td>
<td>Manfaat persatuan</td>
<td>C2</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>5</td>
<td>Apa manfaat utama dari bekerja sama saat membersihkan kelas?  a. Pekerjaan lebih cepat selesai  b. Pekerjaan menjadi lebih sulit  c. Tidak perlu bekerja  d. Hanya bersenang-senang</td>
</tr>
<tr>
<td>6</td>
<td>Cuaca</td>
<td>3</td>
<td>4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.</td>
<td>4.4.1 Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan bersama teman yang berbeda-beda.</td>
<td>Pengalaman kebersamaan</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>6</td>
<td>Ceritakan pengalamanmu saat bermain dengan teman-teman yang berbeda agama atau suku! Apa yang kamu pelajari dari pengalaman tersebut?</td>
</tr>
<tr>
<td>7</td>
<td>Cuaca</td>
<td>4</td>
<td>3.2 Mengidentifikasi unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif.</td>
<td>3.2.1 Mengidentifikasi garis, warna, dan bentuk dalam karya dekoratif bertema cuaca.</td>
<td>Unsur karya dekoratif</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>7</td>
<td>Unsur seni rupa yang paling mudah dilihat dalam sebuah gambar adalah… a. Tekstur b. Garis c. Volume d. Komposisi</td>
</tr>
<tr>
<td>8</td>
<td>Cuaca</td>
<td>4</td>
<td>4.2 Membuat karya dekoratif.</td>
<td>4.2.1 Membuat karya dekoratif sederhana bertema cuaca menggunakan berbagai bahan.</td>
<td>Membuat karya dekoratif</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>8</td>
<td>Buatlah gambar dekoratif dengan tema "Hujan". Gunakan pensil warna atau krayon untuk mewarnai gambar tersebut!</td>
</tr>
<tr>
<td>9</td>
<td>Cuaca</td>
<td>1</td>
<td>3.1 Mengenal karya seni budaya sebagai bagian dari identitas daerah.</td>
<td>3.1.1 Menyebutkan contoh makanan khas daerah yang cocok dinikmati saat cuaca dingin.</td>
<td>Makanan khas daerah</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>9</td>
<td>Makanan khas Indonesia yang paling cocok dinikmati saat hujan adalah… a. Es krim b. Soto c. Rujak d. Gado-gado</td>
</tr>
<tr>
<td>10</td>
<td>Cuaca</td>
<td>2</td>
<td>3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.</td>
<td>3.6.1 Menghitung lama waktu suatu kegiatan dengan satuan waktu jam dan menit.</td>
<td>Pengukuran waktu</td>
<td>C2</td>
<td>Isian Singkat</td>
<td>10</td>
<td>Jika kamu mulai belajar pukul 08.00 dan selesai pukul 10.00, berapa lama kamu belajar?</td>
</tr>
<tr>
<td>11</td>
<td>Cuaca</td>
<td>3</td>
<td>3.5 Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda konkret.</td>
<td>3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan sederhana (1/2, 1/3, 1/4) dari suatu benda utuh.</td>
<td>Pecahan sederhana</td>
<td>C1</td>
<td>Pilihan Ganda</td>
<td>11</td>
<td>Sebuah kue dipotong menjadi empat bagian sama besar. Setiap potongan kue mewakili pecahan… a. 1/2 b. 1/3 c. 1/4 d. 1/5</td>
</tr>
<tr>
<td>12</td>
<td>Cuaca</td>
<td>4</td>
<td>4.1 Melakukan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.</td>
<td>4.1.1 Melakukan gerakan menirukan angin bertiup kencang dan angin bertiup sepoi-sepoi.</td>
<td>Gerak berirama</td>
<td>C3</td>
<td>Uraian</td>
<td>12</td>
<td>Peragakan gerakan menirukan angin bertiup kencang! Jelaskan bagaimana kamu melakukannya!</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p><strong>Penjelasan Tambahan</strong></p>
<ul>
<li>
<p><strong>Level Kognitif:</strong></p>
<ul>
<li><strong>C1 (Mengingat):</strong> Soal menguji kemampuan siswa untuk mengingat fakta, konsep, atau definisi.</li>
<li><strong>C2 (Memahami):</strong> Soal menguji kemampuan siswa untuk memahami makna, menjelaskan, atau menginterpretasikan informasi.</li>
<li><strong>C3 (Menerapkan):</strong> Soal menguji kemampuan siswa untuk menggunakan pengetahuan dan pemahaman dalam situasi baru atau konkret.</li>
<li><strong>C4 (Menganalisis):</strong> Soal menguji kemampuan siswa untuk memecah informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, mengidentifikasi hubungan antar bagian, dan membuat kesimpulan.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Bentuk Soal:</strong></p>
<ul>
<li><strong>Pilihan Ganda:</strong> Soal dengan beberapa pilihan jawaban, siswa memilih satu jawaban yang paling tepat.</li>
<li><strong>Isian Singkat:</strong> Soal yang menuntut siswa untuk mengisi jawaban dengan singkat dan tepat.</li>
<li><strong>Uraian:</strong> Soal yang menuntut siswa untuk memberikan jawaban yang lebih panjang dan rinci, serta menunjukkan pemahaman yang mendalam.</li>
</ul>
</li>
</ul>
<p><strong>Tips Penyusunan Soal</strong></p>
<ul>
<li><strong>Relevansi:</strong> Pastikan soal relevan dengan KD dan IPK yang telah ditetapkan.</li>
<li><strong>Kejelasan:</strong> Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa.</li>
<li><strong>Keseimbangan:</strong> Seimbangkan jumlah soal berdasarkan level kognitif dan subtema.</li>
<li><strong>Variasi:</strong> Variasikan bentuk soal untuk menguji pemahaman siswa dari berbagai aspek.</li>
<li><strong>Kontekstual:</strong> Sajikan soal dalam konteks yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.</li>
<li><strong>Validitas dan Reliabilitas:</strong> Uji coba soal sebelum digunakan untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya.</li>
</ul>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Kisi-kisi soal ini hanyalah contoh dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Diharapkan kisi-kisi ini dapat membantu guru dalam menyusun soal yang berkualitas dan mengukur pemahaman siswa terhadap tema cuaca dengan lebih efektif. Evaluasi yang baik akan memberikan informasi yang berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Selamat menyusun soal!</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *