
- by admin
- 0
- Posted on
Kisi-Kisi Soal IPA Kelas 6 KD 3.1: Sistem Perkembangbiakan
Pendahuluan
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran penting di Sekolah Dasar (SD). IPA membekali siswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang alam sekitar, termasuk fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya. Salah satu kompetensi dasar (KD) yang dipelajari di kelas 6 adalah KD 3.1, yang membahas tentang sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.
KD 3.1 ini bertujuan agar siswa mampu memahami cara tumbuhan dan hewan berkembang biak, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pemahaman ini penting sebagai dasar untuk mempelajari konsep-konsep IPA yang lebih kompleks di jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk mengukur ketercapaian KD 3.1, diperlukan instrumen evaluasi yang valid dan reliabel, salah satunya adalah soal-soal tes yang disusun berdasarkan kisi-kisi yang jelas.
No
D. Contoh Soal IPA Kelas 6 KD 3.1
Berikut adalah contoh soal IPA kelas 6 KD 3.1 yang disusun berdasarkan kisi-kisi di atas:
-
(Nomor Soal 1) Tanaman cocor bebek berkembang biak dengan cara…
a. Tunas
b. Umbi lapis
c. Spra
d. Tunas adventif -
(Nomor Soal 2) Pak Ali ingin menanam mangga dengan cepat menghasilkan buah. Cara perkembangbiakan vegetatif buatan yang paling tepat adalah…
a. Mencangkok
b. Menempel
c. Menyambung
d. Stek -
(Nomor Soal 3) Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan betina adalah…
a. Benang sari
b. Putik
c. Mahkota
d. Kelopak -
(Nomor Soal 4) Pernyataan berikut yang merupakan ciri perkembangbiakan vegetatif adalah…
a. Melibatkan peleburan sel kelamin jantan dan betina.
b. Menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya.
c. Membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan tanaman baru.
d. Menghasilkan variasi genetik pada keturunannya. -
(Nomor Soal 5) Hewan berikut yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah…
a. Kucing
b. Ayam
c. Sapi
d. Kambing -
(Nomor Soal 6) Kelompok hewan berikut yang semuanya berkembang biak dengan cara vivipar adalah…
a. Kucing, ayam, bebek
b. Sapi, kambing, kuda
c. Ular, kadal, cicak
d. Ikan paus, ikan hiu, ikan pari -
(Nomor Soal 7) Tahapan metamorfosis pada kupu-kupu adalah…
a. Telur – larva – pupa – imago
b. Telur – nimfa – imago
c. Telur – larva – nimfa – imago
d. Telur – pupa – imago -
(Nomor Soal 8) Serangga berikut yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah…
a. Kupu-kupu
b. Nyamuk
c. Belalang
d. Lalat -
(Nomor Soal 9) Faktor lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman adalah…
a. Suhu
b. Kelembaban
c. Cahaya matahari
d. Jenis tanah -
(Nomor Soal 10) Seorang peternak sapi mengalami masalah karena sapi-sapinya tumbuh lambat dan kurang sehat. Analisislah faktor-faktor yang mungkin menyebabkan masalah tersebut dan berikan saran kepada peternak tersebut!
E. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Berikut adalah kunci jawaban dan pedoman penskoran untuk soal-soal di atas:
- D
- A
- B
- B
- B
- B
- A
- C
- C
- (Uraian)
- Jawaban yang diharapkan:
- Faktor genetik: Sapi mungkin memiliki genetik yang kurang baik untuk pertumbuhan.
- Faktor nutrisi: Sapi mungkin kekurangan nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral.
- Faktor lingkungan: Kondisi lingkungan yang buruk seperti sanitasi yang kurang baik, suhu ekstrem, atau kelembaban tinggi dapat menghambat pertumbuhan sapi.
- Faktor kesehatan: Sapi mungkin terserang penyakit atau parasit yang mengganggu pertumbuhan.
- Saran:
- Memilih bibit sapi yang berkualitas unggul.
- Memberikan pakan yang bergizi seimbang.
- Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar.
- Melakukan vaksinasi dan pengobatan secara teratur.
- Pedoman Penskoran:
- Menyebutkan 4 faktor dengan benar dan memberikan saran yang tepat: 4 poin
- Menyebutkan 3 faktor dengan benar dan memberikan saran yang tepat: 3 poin
- Menyebutkan 2 faktor dengan benar dan memberikan saran yang tepat: 2 poin
- Menyebutkan 1 faktor dengan benar dan memberikan saran yang tepat: 1 poin
- Jawaban tidak tepat atau tidak menjawab: 0 poin
- Jawaban yang diharapkan:
Kesimpulan
Kisi-kisi soal merupakan alat penting dalam penyusunan soal-soal tes yang berkualitas. Dengan adanya kisi-kisi, guru dapat memastikan bahwa soal-soal yang dibuat mencakup seluruh materi yang telah diajarkan, memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Contoh kisi-kisi dan soal IPA kelas 6 KD 3.1 yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada guru dan siswa tentang materi yang akan diujikan, serta membantu guru dalam menyusun soal-soal yang berkualitas.