Contoh Soal Ulangan Tematik Kelas II SD/MI (Tema 1-4 K13)

Contoh Soal Ulangan Tematik Kelas II SD/MI (Tema 1-4 K13)

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) menekankan pendekatan tematik integratif. Artinya, berbagai mata pelajaran disajikan dalam tema-tema yang saling berkaitan, sehingga siswa dapat memahami konsep secara holistik dan kontekstual. Ulangan atau penilaian harian menjadi salah satu cara untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dalam setiap tema. Artikel ini akan menyajikan contoh soal ulangan tematik untuk kelas II SD/MI, mencakup tema 1 hingga tema 4. Contoh soal ini dirancang untuk membantu guru dan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan, serta memberikan gambaran tentang jenis-jenis soal yang mungkin muncul.

Outline Artikel



<p><strong>Contoh Soal Ulangan Tematik Kelas II SD/MI (Tema 1-4 K13)</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Tematik Kelas II SD/MI (Tema 1-4 K13)</strong></p>
<p>“></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Tema 1: Hidup Rukun</strong></p>
<ul>
<li>Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Membaca dan Menulis Permintaan Maaf dan Tolong</li>
<li>Matematika: Membilang dan Mengurutkan Bilangan Cacah</li>
<li>SBdP: Membedakan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu</li>
<li>PPKn: Penerapan Sila Pancasila di Rumah</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 2: Hidup Rukun dengan Teman Bermain
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menulis Kalimat Sederhana tentang Kerukunan</li>
<li>Matematika: Membandingkan Bilangan Cacah</li>
<li>SBdP: Menampilkan Gerakan Tangan dan Kaki dalam Tarian</li>
<li>PPKn: Contoh Perilaku Rukun dengan Teman</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Membuat Pertanyaan dan Jawaban Sederhana</li>
<li>Matematika: Mengurutkan Bilangan Tiga Angka</li>
<li>SBdP: Menggambar Imajinatif</li>
<li>PPKn: Tata Tertib di Sekolah</li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Tema 2: Bermain di Lingkunganku</strong></p>
<ul>
<li>Subtema 1: Bermain di Lingkungan Rumah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Mendeskripsikan Benda</li>
<li>Matematika: Perkalian Bilangan</li>
<li>SBdP: Mengenal Gerak Alam dalam Tarian</li>
<li>PJOK: Gerakan Dasar Non-Lokomotor</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 2: Bermain di Rumah Teman
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menceritakan Pengalaman Bermain</li>
<li>Matematika: Pembagian Bilangan</li>
<li>SBdP: Membuat Karya Dua Dimensi</li>
<li>PJOK: Gerakan Dasar Lokomotor</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 3: Bermain di Sekolah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menulis Puisi Sederhana</li>
<li>Matematika: Hubungan Perkalian dan Pembagian</li>
<li>SBdP: Membuat Hiasan dari Bahan Alam</li>
<li>PJOK: Permainan Tradisional</li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Tema 3: Tugasku Sehari-hari</strong></p>
<ul>
<li>Subtema 1: Tugasku Sehari-hari di Rumah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Membaca Teks Pendek tentang Kegiatan Sehari-hari</li>
<li>Matematika: Mengenal Pecahan Uang</li>
<li>PPKn: Gotong Royong di Rumah</li>
<li>SBdP: Membuat Karya dari Bahan Bekas</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 2: Tugasku Sehari-hari di Sekolah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menulis Laporan Sederhana</li>
<li>Matematika: Membandingkan Harga Barang</li>
<li>PPKn: Tugas Piket di Kelas</li>
<li>SBdP: Bernyanyi dengan Ekspresi yang Tepat</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 3: Tugasku Sebagai Umat Beragama
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menceritakan Pengalaman Beribadah</li>
<li>Matematika: Menghitung Nilai Sekelompok Uang</li>
<li>PPKn: Toleransi Antar Umat Beragama</li>
<li>SBdP: Membuat Karya dengan Teknik Mozaik</li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Tema 4: Hidup Bersih dan Sehat</strong></p>
<ul>
<li>Subtema 1: Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Membuat Kalimat tentang Kebersihan</li>
<li>Matematika: Mengenal Bangun Datar</li>
<li>PJOK: Gerakan Senam Lantai Sederhana</li>
<li>SBdP: Membuat Gambar dengan Pola Tertentu</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Menulis Pengalaman tentang Kebersihan di Sekolah</li>
<li>Matematika: Mengelompokkan Bangun Datar</li>
<li>PJOK: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah</li>
<li>SBdP: Mewarnai Gambar dengan Kreatif</li>
</ul>
</li>
<li>Subtema 3: Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat
<ul>
<li>Bahasa Indonesia: Membuat Poster tentang Kebersihan Lingkungan</li>
<li>Matematika: Menentukan Sisi, Sudut, dan Titik Sudut Bangun Datar</li>
<li>PJOK: Manfaat Hidup Bersih dan Sehat</li>
<li>SBdP: Membuat Karya Kolase</li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Tematik</strong></p>
<p><strong>Tema 1: Hidup Rukun</strong></p>
<p><em>Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Ibu: "Nak, tolong bantu Ibu mencuci piring." Kalimat tersebut adalah contoh kalimat ….<br />
a.  Permintaan maaf<br />
b.  Permintaan tolong<br />
c.  Ajakan</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 25, 12, 31, 18.<br />
a.  31, 25, 18, 12<br />
b.  12, 18, 25, 31<br />
c.  18, 12, 31, 25</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Saat menyanyikan lagu "Naik-Naik ke Puncak Gunung", bagian mana yang dinyanyikan dengan bunyi panjang?<br />
a.  Naik<br />
b.  Ke<br />
c.  Puncak</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Membersihkan rumah bersama keluarga adalah contoh penerapan sila ke-… Pancasila.<br />
a.  1<br />
b.  2<br />
c.  3</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 2: Hidup Rukun dengan Teman Bermain</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah kalimat sederhana yang menunjukkan kerukunan dengan teman!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Bandingkan bilangan berikut: 45 … 32. Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ….<br />
a.  ><br />
b.  <<br />
c.  =</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh gerakan tangan dalam tarian!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Memberikan kesempatan teman untuk berpendapat adalah contoh perilaku ….<br />
a.  Tidak peduli<br />
b.  Rukun<br />
c.  Egois</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah pertanyaan tentang gambar seorang siswa yang sedang membaca buku di perpustakaan!<br />
Pertanyaan: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 125, 230, 180.<br />
a.  125, 180, 230<br />
b.  230, 180, 125<br />
c.  180, 230, 125</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar imajinatif!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Datang ke sekolah tepat waktu adalah contoh …. di sekolah.<br />
a.  Larangan<br />
b.  Tata tertib<br />
c.  Himbauan</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Tema 2: Bermain di Lingkunganku</strong></p>
<p><em>Subtema 1: Bermain di Lingkungan Rumah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Deskripsikan benda berikut: Bola.<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> 3 x 4 = ….<br />
a.  7<br />
b.  12<br />
c.  1</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Gerakan daun berguguran adalah contoh gerak …. dalam tarian.<br />
a.  Hewan<br />
b.  Manusia<br />
c.  Alam</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Membungkuk adalah contoh gerakan dasar ….<br />
a.  Lokomotor<br />
b.  Non-lokomotor<br />
c.  Manipulatif</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 2: Bermain di Rumah Teman</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Ceritakan pengalamanmu saat bermain di rumah teman!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> 10 : 2 = ….<br />
a.  5<br />
b.  8<br />
c.  12</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh karya dua dimensi!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Berlari adalah contoh gerakan dasar ….<br />
a.  Lokomotor<br />
b.  Non-lokomotor<br />
c.  Manipulatif</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 3: Bermain di Sekolah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah puisi sederhana tentang bermain di sekolah!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Jika 4 x 5 = 20, maka 20 : 5 = ….<br />
a.  4<br />
b.  5<br />
c.  25</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh bahan alam yang bisa digunakan untuk membuat hiasan!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Sebutkan salah satu contoh permainan tradisional!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Tema 3: Tugasku Sehari-hari</strong></p>
<p><em>Subtema 1: Tugasku Sehari-hari di Rumah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Bacalah teks pendek tentang kegiatan sehari-hari dan jawablah pertanyaan yang menyertainya.<br />
(Teks disediakan dalam soal)</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Nilai uang seribu rupiah adalah ….<br />
a.  Rp 100<br />
b.  Rp 1.000<br />
c.  Rp 10.000</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Membantu Ibu memasak adalah contoh …. di rumah.<br />
a.  Bermain<br />
b.  Gotong royong<br />
c.  Belajar</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh bahan bekas yang bisa digunakan untuk membuat karya!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 2: Tugasku Sehari-hari di Sekolah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah laporan sederhana tentang kegiatan piket di kelas!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Harga buku Rp 5.000, harga pensil Rp 2.000. Mana yang lebih mahal?<br />
a.  Buku<br />
b.  Pensil<br />
c.  Sama</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Menyapu lantai kelas adalah contoh ….<br />
a.  Bermain<br />
b.  Tugas piket<br />
c.  Belajar</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Saat bernyanyi, ekspresi wajah harus ….<br />
a.  Sedih<br />
b.  Sesuai dengan lagu<br />
c.  Marah</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 3: Tugasku Sebagai Umat Beragama</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Ceritakan pengalamanmu saat beribadah!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Dua lembar uang seribu rupiah sama dengan …. rupiah.<br />
a.  Rp 1.000<br />
b.  Rp 2.000<br />
c.  Rp 3.000</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PPKn)</strong> Menghormati teman yang berbeda agama adalah contoh ….<br />
a.  Perkelahian<br />
b.  Toleransi<br />
c.  Perselisihan</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh bahan yang bisa digunakan untuk membuat mozaik!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Tema 4: Hidup Bersih dan Sehat</strong></p>
<p><em>Subtema 1: Hidup Bersih dan Sehat di Rumah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah kalimat tentang pentingnya menjaga kebersihan rumah!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Sebutkan contoh benda di rumah yang berbentuk lingkaran!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Sebutkan salah satu gerakan senam lantai sederhana!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Sebutkan salah satu contoh pola yang bisa digunakan untuk menggambar!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Tuliskan pengalamanmu tentang menjaga kebersihan di sekolah!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Kelompokkan bangun datar berikut: persegi, segitiga, lingkaran.<br />
(Gambar bangun datar disediakan dalam soal)</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Sebutkan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Warnailah gambar berikut dengan kreatif!<br />
(Gambar disediakan dalam soal)</p>
</li>
</ol>
<p><em>Subtema 3: Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat</em></p>
<ol>
<li>
<p><strong>(Bahasa Indonesia)</strong> Buatlah poster sederhana tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan!<br />
(Siswa membuat poster)</p>
</li>
<li>
<p><strong>(Matematika)</strong> Berapakah jumlah sisi pada bangun persegi?<br />
a.  3<br />
b.  4<br />
c.  5</p>
</li>
<li>
<p><strong>(PJOK)</strong> Sebutkan salah satu manfaat hidup bersih dan sehat!<br />
Contoh: ….</p>
</li>
<li>
<p><strong>(SBdP)</strong> Buatlah kolase sederhana dengan tema "Lingkungan Bersih"!<br />
(Siswa membuat kolase)</p>
</li>
</ol>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Contoh soal di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai kemungkinan soal yang dapat muncul dalam ulangan tematik kelas II. Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang relevan dengan materi yang telah diajarkan. Penting untuk diingat bahwa tujuan utama ulangan adalah untuk mengukur pemahaman siswa dan memberikan umpan balik untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *