Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2 (K13)

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2 (K13)

Pendahuluan

Ulangan akhir semester (UAS) merupakan momen penting bagi siswa kelas 4 untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi matematika yang telah dipelajari selama semester 2. Kurikulum 2013 (K13) menekankan pendekatan pembelajaran tematik-integratif dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Oleh karena itu, soal-soal ulangan tidak hanya menguji kemampuan menghafal rumus, tetapi juga kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Artikel ini menyajikan contoh-contoh soal ulangan matematika kelas 4 semester 2 berdasarkan Kurikulum 2013, yang mencakup berbagai topik penting seperti pecahan, desimal, bangun datar, dan pengukuran. Setiap soal akan disertai dengan pembahasan yang jelas dan rinci, sehingga siswa dapat memahami konsep yang mendasarinya dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal serupa.



<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2 (K13)</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2 (K13)</strong></p>
<p>“></p>
<p><strong>I. Pecahan</strong></p>
<p>Pecahan merupakan salah satu topik penting dalam matematika kelas 4. Siswa diharapkan mampu memahami konsep pecahan, membandingkan pecahan, menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.</p>
<p><strong>A. Memahami Konsep Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Sebuah pizza dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Andi mengambil 3 potong pizza. Tuliskan pecahan yang menyatakan bagian pizza yang diambil Andi.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Pizza dipotong menjadi 8 bagian, jadi penyebut pecahan adalah 8.</li>
<li>Andi mengambil 3 potong, jadi pembilang pecahan adalah 3.</li>
<li>Pecahan yang menyatakan bagian pizza yang diambil Andi adalah 3/8.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Gambarlah sebuah persegi panjang, lalu arsir 2/5 bagian dari persegi panjang tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Buatlah sebuah persegi panjang.</li>
<li>Bagi persegi panjang tersebut menjadi 5 bagian yang sama besar.</li>
<li>Arsir 2 bagian dari 5 bagian tersebut. Bagian yang diarsir menunjukkan 2/5 dari persegi panjang.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Membandingkan Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Bandingkan pecahan berikut: 1/3 dan 1/4. Manakah pecahan yang lebih besar?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Untuk membandingkan pecahan dengan pembilang yang sama, perhatikan penyebutnya. Semakin kecil penyebutnya, semakin besar nilai pecahannya.</li>
<li>Karena 3 < 4, maka 1/3 > 1/4. Jadi, pecahan yang lebih besar adalah 1/3.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil hingga terbesar: 1/2, 2/5, 3/10.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Samakan penyebut semua pecahan. KPK dari 2, 5, dan 10 adalah 10.</li>
<li>Ubah pecahan menjadi: 1/2 = 5/10, 2/5 = 4/10, 3/10 = 3/10.</li>
<li>Urutkan pecahan berdasarkan pembilangnya: 3/10 < 4/10 < 5/10.</li>
<li>Jadi, urutan pecahan dari yang terkecil hingga terbesar adalah: 3/10, 2/5, 1/2.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>C. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Hitunglah: 2/7 + 3/7 = …</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Karena penyebutnya sudah sama, langsung jumlahkan pembilangnya.</li>
<li>2/7 + 3/7 = (2+3)/7 = 5/7.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Hitunglah: 5/8 – 1/4 = …</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Samakan penyebut kedua pecahan. KPK dari 8 dan 4 adalah 8.</li>
<li>Ubah pecahan menjadi: 1/4 = 2/8.</li>
<li>5/8 – 2/8 = (5-2)/8 = 3/8.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>D. Soal Cerita Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Ibu membeli 3/4 kg gula pasir. Kemudian, Ibu menggunakan 1/2 kg gula pasir untuk membuat kue. Berapa kg sisa gula pasir Ibu?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Sisa gula pasir = gula pasir yang dibeli – gula pasir yang digunakan.</li>
<li>Sisa gula pasir = 3/4 – 1/2.</li>
<li>Samakan penyebut: 1/2 = 2/4.</li>
<li>Sisa gula pasir = 3/4 – 2/4 = 1/4 kg.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>II. Desimal</strong></p>
<p>Desimal adalah cara lain untuk menyatakan pecahan. Siswa kelas 4 perlu memahami konsep desimal, mengubah pecahan menjadi desimal dan sebaliknya, serta melakukan operasi hitung dengan desimal.</p>
<p><strong>A. Memahami Konsep Desimal</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Tuliskan pecahan 7/10 dalam bentuk desimal.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>7/10 sama dengan 0,7.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Tuliskan bilangan desimal 0,25 dalam bentuk pecahan.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>0,25 sama dengan 25/100. Sederhanakan menjadi 1/4.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Penjumlahan dan Pengurangan Desimal</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Hitunglah: 0,4 + 0,3 = …</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>0,4 + 0,3 = 0,7</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Hitunglah: 1,5 – 0,8 = …</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1,5 – 0,8 = 0,7</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>C. Soal Cerita Desimal</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Ani membeli pensil seharga Rp 2.500,00 dan penghapus seharga Rp 1.750,00. Berapa total uang yang harus dibayar Ani?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Total uang yang harus dibayar = harga pensil + harga penghapus.</li>
<li>Total uang yang harus dibayar = Rp 2.500,00 + Rp 1.750,00 = Rp 4.250,00.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>III. Bangun Datar</strong></p>
<p>Siswa kelas 4 perlu mengenal berbagai jenis bangun datar, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Mereka juga perlu memahami konsep keliling dan luas bangun datar.</p>
<p><strong>A. Mengenal Bangun Datar</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Sebutkan 3 sifat persegi.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Memiliki 4 sisi yang sama panjang.</li>
<li>Memiliki 4 sudut siku-siku (90 derajat).</li>
<li>Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Keliling dan Luas Bangun Datar</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Sebuah persegi panjang memiliki panjang 8 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah keliling persegi panjang tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar).</li>
<li>Keliling persegi panjang = 2 x (8 cm + 5 cm) = 2 x 13 cm = 26 cm.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Sebuah persegi memiliki sisi 6 cm. Hitunglah luas persegi tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Luas persegi = sisi x sisi.</li>
<li>Luas persegi = 6 cm x 6 cm = 36 cm².</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>IV. Pengukuran</strong></p>
<p>Pengukuran meliputi pengukuran panjang, berat, dan waktu. Siswa kelas 4 perlu memahami satuan pengukuran dan melakukan konversi antar satuan.</p>
<p><strong>A. Pengukuran Panjang</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Ubahlah 3 meter menjadi centimeter.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1 meter = 100 centimeter.</li>
<li>3 meter = 3 x 100 centimeter = 300 centimeter.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Pengukuran Berat</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Ubahlah 2 kilogram menjadi gram.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1 kilogram = 1000 gram.</li>
<li>2 kilogram = 2 x 1000 gram = 2000 gram.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>C. Pengukuran Waktu</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal:</strong> Berapa menitkah dalam 2 jam?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1 jam = 60 menit.</li>
<li>2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Contoh-contoh soal di atas hanyalah sebagian kecil dari materi yang mungkin diujikan dalam ulangan matematika kelas 4 semester 2. Siswa disarankan untuk mempelajari semua materi yang telah diajarkan oleh guru dan berlatih mengerjakan soal-soal latihan lainnya. Dengan persiapan yang matang, siswa akan dapat menghadapi ulangan dengan percaya diri dan meraih hasil yang memuaskan. Selain itu, penting bagi siswa untuk memahami konsep dasar matematika, bukan hanya menghafal rumus, agar dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam memecahkan masalah sehari-hari.</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *