Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2

Pendahuluan

Ulangan semester merupakan momen penting bagi siswa kelas 4 untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi matematika yang telah dipelajari selama semester 2. Persiapan yang matang akan membantu siswa menghadapi ulangan dengan percaya diri dan meraih hasil yang memuaskan. Artikel ini menyajikan contoh soal ulangan matematika kelas 4 semester 2 yang mencakup berbagai topik penting, disertai dengan pembahasan yang jelas dan mudah dipahami. Contoh soal ini diharapkan dapat menjadi bahan latihan yang efektif bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan.

I. Geometri: Bangun Datar dan Bangun Ruang



<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2</strong></p>
<p>“></p>
<p>A. <strong>Bangun Datar</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 1:</strong></p>
<p>Sebuah persegi memiliki sisi sepanjang 8 cm. Hitunglah keliling dan luas persegi tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Keliling persegi = 4 x sisi = 4 x 8 cm = 32 cm</li>
<li>Luas persegi = sisi x sisi = 8 cm x 8 cm = 64 cm²</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 2:</strong></p>
<p>Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah keliling dan luas persegi panjang tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar) = 2 x (12 cm + 5 cm) = 2 x 17 cm = 34 cm</li>
<li>Luas persegi panjang = panjang x lebar = 12 cm x 5 cm = 60 cm²</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 3:</strong></p>
<p>Sebuah segitiga memiliki alas 10 cm dan tinggi 6 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 10 cm x 6 cm = 30 cm²</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 4:</strong></p>
<p>Sebutkan sifat-sifat bangun datar berikut:</p>
<ul>
<li>Persegi</li>
<li>Persegi Panjang</li>
<li>Segitiga Sama Sisi</li>
<li>Lingkaran</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Persegi: Memiliki 4 sisi sama panjang, 4 sudut siku-siku, dan 4 sumbu simetri.</li>
<li>Persegi Panjang: Memiliki 2 pasang sisi sejajar yang sama panjang, 4 sudut siku-siku, dan 2 sumbu simetri.</li>
<li>Segitiga Sama Sisi: Memiliki 3 sisi sama panjang, 3 sudut sama besar (60°), dan 3 sumbu simetri.</li>
<li>Lingkaran: Tidak memiliki sisi atau sudut, memiliki jari-jari dan diameter, serta memiliki simetri lipat tak hingga.</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>B. <strong>Bangun Ruang</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 5:</strong></p>
<p>Sebutkan contoh benda di sekitar kita yang berbentuk kubus dan balok.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Kubus: Dadu, Rubik’s Cube, kotak kado berbentuk kubus.</li>
<li>Balok: Kotak pensil, lemari, buku, batu bata.</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 6:</strong></p>
<p>Sebuah kubus memiliki sisi sepanjang 5 cm. Hitunglah volume kubus tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Volume kubus = sisi x sisi x sisi = 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm³</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 7:</strong></p>
<p>Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 6 cm, dan tinggi 4 cm. Hitunglah volume balok tersebut.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Volume balok = panjang x lebar x tinggi = 10 cm x 6 cm x 4 cm = 240 cm³</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>II. Pengukuran: Panjang, Berat, dan Waktu</strong></p>
<p>A. <strong>Panjang</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 8:</strong></p>
<p>Ubahlah satuan panjang berikut:</p>
<ul>
<li>5 meter = … cm</li>
<li>2000 meter = … km</li>
<li>3 km = … meter</li>
<li>400 cm = … meter</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>5 meter = 5 x 100 cm = 500 cm</li>
<li>2000 meter = 2000 : 1000 km = 2 km</li>
<li>3 km = 3 x 1000 meter = 3000 meter</li>
<li>400 cm = 400 : 100 meter = 4 meter</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 9:</strong></p>
<p>Sebuah pita memiliki panjang 2 meter. Pita tersebut dipotong menjadi 4 bagian sama panjang. Berapa panjang setiap potongan pita?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Panjang setiap potongan pita = 2 meter : 4 = 0,5 meter atau 50 cm</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>B. <strong>Berat</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 10:</strong></p>
<p>Ubahlah satuan berat berikut:</p>
<ul>
<li>3 kg = … gram</li>
<li>5000 gram = … kg</li>
<li>2 ton = … kg</li>
<li>4000 kg = … ton</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>3 kg = 3 x 1000 gram = 3000 gram</li>
<li>5000 gram = 5000 : 1000 kg = 5 kg</li>
<li>2 ton = 2 x 1000 kg = 2000 kg</li>
<li>4000 kg = 4000 : 1000 ton = 4 ton</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 11:</strong></p>
<p>Seorang pedagang membeli 5 kg apel. Jika harga 1 kg apel adalah Rp 20.000, berapa yang harus dibayar pedagang tersebut?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Total yang harus dibayar = 5 kg x Rp 20.000/kg = Rp 100.000</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>C. <strong>Waktu</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 12:</strong></p>
<p>Ubahlah satuan waktu berikut:</p>
<ul>
<li>2 jam = … menit</li>
<li>120 menit = … jam</li>
<li>3 hari = … jam</li>
<li>48 jam = … hari</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit</li>
<li>120 menit = 120 : 60 jam = 2 jam</li>
<li>3 hari = 3 x 24 jam = 72 jam</li>
<li>48 jam = 48 : 24 hari = 2 hari</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 13:</strong></p>
<p>Sebuah film dimulai pukul 10.00 dan selesai pukul 12.30. Berapa lama durasi film tersebut?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Durasi film = 12.30 – 10.00 = 2 jam 30 menit</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>III. Pecahan</strong></p>
<p>A. <strong>Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 14:</strong></p>
<p>Hitunglah:</p>
<ul>
<li>1/4 + 2/4 = …</li>
<li>3/5 – 1/5 = …</li>
<li>1/2 + 1/3 = …</li>
<li>2/3 – 1/4 = …</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1/4 + 2/4 = 3/4</li>
<li>3/5 – 1/5 = 2/5</li>
<li>1/2 + 1/3 = 3/6 + 2/6 = 5/6</li>
<li>2/3 – 1/4 = 8/12 – 3/12 = 5/12</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>B. <strong>Perkalian dan Pembagian Pecahan</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 15:</strong></p>
<p>Hitunglah:</p>
<ul>
<li>1/2 x 2/3 = …</li>
<li>3/4 : 1/2 = …</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1/2 x 2/3 = 2/6 = 1/3</li>
<li>3/4 : 1/2 = 3/4 x 2/1 = 6/4 = 3/2 = 1 1/2</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>C. <strong>Pecahan Senilai</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 16:</strong></p>
<p>Tentukan 3 pecahan yang senilai dengan 1/2.</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>IV. Bilangan Desimal</strong></p>
<p>A. <strong>Penjumlahan dan Pengurangan Desimal</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 17:</strong></p>
<p>Hitunglah:</p>
<ul>
<li>2,5 + 1,3 = …</li>
<li>4,8 – 2,1 = …</li>
<li>1,75 + 0,25 = …</li>
<li>3,5 – 1,25 = …</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>2,5 + 1,3 = 3,8</li>
<li>4,8 – 2,1 = 2,7</li>
<li>1,75 + 0,25 = 2,00 = 2</li>
<li>3,5 – 1,25 = 2,25</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p>B. <strong>Perkalian dan Pembagian Desimal</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 18:</strong></p>
<p>Hitunglah:</p>
<ul>
<li>1,5 x 2 = …</li>
<li>4,8 : 2 = …</li>
</ul>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>1,5 x 2 = 3,0 = 3</li>
<li>4,8 : 2 = 2,4</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>V. Penerapan Konsep Matematika dalam Soal Cerita</strong></p>
<ol>
<li>
<p><strong>Soal 19:</strong></p>
<p>Ibu membeli 2,5 kg gula pasir dan 1,75 kg tepung terigu. Berapa total berat belanjaan Ibu?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Total berat belanjaan = 2,5 kg + 1,75 kg = 4,25 kg</li>
</ul>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 20:</strong></p>
<p>Sebuah kolam renang memiliki panjang 15 meter dan lebar 8 meter. Berapa keliling kolam renang tersebut?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<ul>
<li>Keliling kolam renang = 2 x (panjang + lebar) = 2 x (15 meter + 8 meter) = 2 x 23 meter = 46 meter</li>
</ul>
</li>
</ol>
<p><strong>Kesimpulan</strong></p>
<p>Contoh soal ulangan matematika kelas 4 semester 2 di atas mencakup berbagai topik penting yang telah dipelajari selama semester ini. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat lebih memahami konsep matematika dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah. Selain contoh soal di atas, siswa juga disarankan untuk mempelajari kembali materi pelajaran, mengerjakan latihan soal di buku paket, dan berdiskusi dengan teman atau guru jika mengalami kesulitan. Persiapan yang matang akan membantu siswa meraih hasil ulangan yang memuaskan.</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *