Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 1

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 1

Pendahuluan

Matematika merupakan mata pelajaran penting yang melatih kemampuan berpikir logis, analitis, dan sistematis. Pemahaman konsep matematika yang kuat sejak dini akan menjadi fondasi yang kokoh bagi pembelajaran di jenjang pendidikan selanjutnya. Ulangan semester merupakan salah satu cara untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester. Artikel ini akan menyajikan contoh soal ulangan matematika kelas 4 semester 1 yang mencakup berbagai topik, seperti bilangan cacah, operasi hitung, faktor dan kelipatan, serta bangun datar. Setiap soal akan disertai dengan pembahasan yang jelas dan mudah dipahami, sehingga siswa dapat belajar dan mempersiapkan diri dengan lebih baik.

I. Bilangan Cacah dan Operasi Hitung



<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 1</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 1</strong></p>
<p>“></p>
<p>Bagian ini akan menguji pemahaman siswa tentang bilangan cacah, nilai tempat, serta operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.</p>
<ul>
<li>
<p><strong>Soal 1:</strong></p>
<p>Tentukan nilai tempat angka 7 pada bilangan 37.654!<br />
A. Satuan<br />
B. Puluhan<br />
C. Ratusan<br />
D. Ribuan</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Pada bilangan 37.654, angka 7 menempati posisi ribuan. Jadi, jawabannya adalah D.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 2:</strong></p>
<p>Hasil dari 2.345 + 1.678 adalah …<br />
A. 3.023<br />
B. 3.923<br />
C. 4.023<br />
D. 4.923</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Untuk menyelesaikan penjumlahan ini, kita dapat menggunakan cara penjumlahan bersusun:</p>
<pre><code>   2.345
+  1.678
-------
   4.023</code></pre>
<p>Jadi, jawabannya adalah C.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 3:</strong></p>
<p>Hasil dari 5.678 – 2.432 adalah …<br />
A. 3.246<br />
B. 3.256<br />
C. 3.346<br />
D. 3.356</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Untuk menyelesaikan pengurangan ini, kita dapat menggunakan cara pengurangan bersusun:</p>
<pre><code>   5.678
-  2.432
-------
   3.246</code></pre>
<p>Jadi, jawabannya adalah A.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 4:</strong></p>
<p>Hasil dari 125 x 8 adalah …<br />
A. 800<br />
B. 900<br />
C. 1.000<br />
D. 1.100</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Untuk menyelesaikan perkalian ini, kita dapat menggunakan cara perkalian bersusun atau mengingat bahwa 125 x 8 adalah 1.000. Jadi, jawabannya adalah C.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 5:</strong></p>
<p>Hasil dari 432 : 6 adalah …<br />
A. 72<br />
B. 73<br />
C. 74<br />
D. 75</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Untuk menyelesaikan pembagian ini, kita dapat menggunakan cara pembagian bersusun atau mengingat bahwa 432 : 6 adalah 72. Jadi, jawabannya adalah A.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 6:</strong></p>
<p>Ibu membeli 5 kg apel dengan harga Rp 20.000 per kg. Berapa total uang yang harus dibayar ibu?<br />
A. Rp 80.000<br />
B. Rp 90.000<br />
C. Rp 100.000<br />
D. Rp 110.000</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Total uang yang harus dibayar ibu adalah 5 kg x Rp 20.000/kg = Rp 100.000. Jadi, jawabannya adalah C.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 7:</strong></p>
<p>Seorang pedagang memiliki 250 buah jeruk. Jika jeruk tersebut akan dibagikan kepada 10 orang sama banyak, berapa banyak jeruk yang diterima setiap orang?<br />
A. 20<br />
B. 25<br />
C. 30<br />
D. 35</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Setiap orang akan menerima 250 jeruk : 10 orang = 25 jeruk. Jadi, jawabannya adalah B.</p>
</li>
</ul>
<p><strong>II. Faktor dan Kelipatan</strong></p>
<p>Bagian ini akan menguji pemahaman siswa tentang faktor, kelipatan, faktor persekutuan, dan kelipatan persekutuan.</p>
<ul>
<li>
<p><strong>Soal 8:</strong></p>
<p>Faktor dari 12 adalah …<br />
A. 1, 2, 3, 4, 6, 8<br />
B. 1, 2, 3, 4, 6, 12<br />
C. 1, 2, 4, 6, 8, 12<br />
D. 2, 3, 4, 6, 12</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Faktor dari 12 adalah bilangan yang dapat membagi 12 tanpa sisa, yaitu 1, 2, 3, 4, 6, dan 12. Jadi, jawabannya adalah B.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 9:</strong></p>
<p>Kelipatan 3 yang kurang dari 20 adalah …<br />
A. 3, 6, 9, 12, 15, 18<br />
B. 3, 6, 9, 12, 15, 21<br />
C. 1, 3, 6, 9, 12, 15<br />
D. 1, 3, 6, 9, 12, 15, 18</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Kelipatan 3 adalah hasil perkalian 3 dengan bilangan bulat positif. Kelipatan 3 yang kurang dari 20 adalah 3, 6, 9, 12, 15, dan 18. Jadi, jawabannya adalah A.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 10:</strong></p>
<p>Faktor persekutuan dari 12 dan 18 adalah …<br />
A. 1, 2, 3, 4<br />
B. 1, 2, 3, 6<br />
C. 2, 3, 4, 6<br />
D. 2, 3, 6, 9</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6, dan 12. Faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6, 9, dan 18. Faktor persekutuan dari 12 dan 18 adalah bilangan yang menjadi faktor dari kedua bilangan tersebut, yaitu 1, 2, 3, dan 6. Jadi, jawabannya adalah B.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 11:</strong></p>
<p>Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 4 dan 6 adalah …<br />
A. 6<br />
B. 8<br />
C. 12<br />
D. 24</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Kelipatan 4 adalah 4, 8, 12, 16, 20, 24, …<br />
Kelipatan 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30, …<br />
Kelipatan persekutuan dari 4 dan 6 adalah 12, 24, …<br />
Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 4 dan 6 adalah 12. Jadi, jawabannya adalah C.</p>
</li>
</ul>
<p><strong>III. Bangun Datar</strong></p>
<p>Bagian ini akan menguji pemahaman siswa tentang jenis-jenis bangun datar, sifat-sifatnya, serta cara menghitung keliling dan luasnya.</p>
<ul>
<li>
<p><strong>Soal 12:</strong></p>
<p>Bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku adalah …<br />
A. Persegi<br />
B. Persegi panjang<br />
C. Segitiga<br />
D. Trapesium</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku adalah persegi. Jadi, jawabannya adalah A.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 13:</strong></p>
<p>Rumus untuk menghitung keliling persegi panjang adalah …<br />
A. s x s<br />
B. 2 x (p + l)<br />
C. 1/2 x a x t<br />
D. π x d</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Rumus untuk menghitung keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar) atau 2 x (p + l). Jadi, jawabannya adalah B.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 14:</strong></p>
<p>Sebuah persegi memiliki sisi 5 cm. Berapa luas persegi tersebut?<br />
A. 10 cm²<br />
B. 15 cm²<br />
C. 20 cm²<br />
D. 25 cm²</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Luas persegi dihitung dengan rumus sisi x sisi. Jadi, luas persegi tersebut adalah 5 cm x 5 cm = 25 cm². Jawabannya adalah D.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 15:</strong></p>
<p>Sebuah persegi panjang memiliki panjang 8 cm dan lebar 4 cm. Berapa keliling persegi panjang tersebut?<br />
A. 12 cm<br />
B. 16 cm<br />
C. 20 cm<br />
D. 24 cm</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Keliling persegi panjang dihitung dengan rumus 2 x (panjang + lebar). Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 2 x (8 cm + 4 cm) = 2 x 12 cm = 24 cm. Jawabannya adalah D.</p>
</li>
</ul>
<p><strong>IV. Pemecahan Masalah</strong></p>
<p>Bagian ini akan menguji kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.</p>
<ul>
<li>
<p><strong>Soal 16:</strong></p>
<p>Ani memiliki 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 pensil. Berapa jumlah seluruh pensil yang dimiliki Ani?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Jumlah seluruh pensil yang dimiliki Ani adalah 3 kotak x 12 pensil/kotak = 36 pensil.</p>
</li>
<li>
<p><strong>Soal 17:</strong></p>
<p>Budi membeli 2 buah buku tulis seharga Rp 5.000 per buah dan sebuah pensil seharga Rp 2.000. Berapa total uang yang harus dibayar Budi?</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Harga 2 buah buku tulis adalah 2 x Rp 5.000 = Rp 10.000. Total uang yang harus dibayar Budi adalah Rp 10.000 + Rp 2.000 = Rp 12.000.</p>
</li>
</ul>
<p><strong>Kesimpulan</strong></p>
<p>Contoh soal ulangan matematika kelas 4 semester 1 di atas mencakup berbagai topik penting yang telah dipelajari selama semester ini. Dengan mempelajari dan memahami pembahasan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi ulangan semester. Selain itu, siswa juga disarankan untuk berlatih mengerjakan soal-soal lain yang sejenis agar semakin terampil dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Semangat belajar dan semoga sukses!</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *