Contoh Soal Ulangan K13 Kelas 4 Tema 1: Indahnya Kebersamaan

Contoh Soal Ulangan K13 Kelas 4 Tema 1: Indahnya Kebersamaan

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) menekankan pembelajaran tematik integratif, di mana berbagai mata pelajaran disajikan dalam satu tema yang saling berkaitan. Tema 1 untuk kelas 4 SD/MI biasanya mengangkat tema "Indahnya Kebersamaan," yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai persatuan, toleransi, dan kerja sama dalam keberagaman. Artikel ini menyajikan contoh soal ulangan harian atau penilaian tengah semester (PTS) untuk tema 1 kelas 4 K13, lengkap dengan pembahasan dan penekanan pada konsep-konsep penting yang perlu dikuasai siswa.

A. Tujuan Pembelajaran Tema 1



<p><strong>Contoh Soal Ulangan K13 Kelas 4 Tema 1: Indahnya Kebersamaan</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan K13 Kelas 4 Tema 1: Indahnya Kebersamaan</strong></p>
<p>“></p>
<p>Sebelum membahas contoh soal, penting untuk memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam tema ini. Secara umum, tema "Indahnya Kebersamaan" bertujuan agar siswa mampu:</p>
<ol>
<li><strong>Memahami Keberagaman:</strong> Mengidentifikasi berbagai macam perbedaan (suku, agama, budaya, dll.) yang ada di lingkungan sekitar dan menyadari bahwa perbedaan adalah kekayaan bangsa.</li>
<li><strong>Menghargai Perbedaan:</strong> Menunjukkan sikap toleransi, menghormati perbedaan pendapat, dan menjauhi tindakan diskriminasi.</li>
<li><strong>Bekerja Sama:</strong> Mampu bekerja dalam kelompok, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama.</li>
<li><strong>Mengamalkan Nilai Pancasila:</strong> Memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sila ketiga (Persatuan Indonesia).</li>
<li><strong>Memahami Indera Pendengaran:</strong> Memahami cara kerja indera pendengaran dan menjaga kesehatannya.</li>
<li><strong>Memahami Sifat-Sifat Bunyi:</strong> Menjelaskan sifat-sifat bunyi (merambat melalui media, dapat dipantulkan, dapat diserap) dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.</li>
<li><strong>Mengidentifikasi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung:</strong> Mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah paragraf.</li>
<li><strong>Menyajikan Informasi:</strong> Mampu menyajikan informasi secara lisan dan tulisan dengan bahasa yang baik dan benar.</li>
</ol>
<p><strong>B. Format Soal Ulangan</strong></p>
<p>Soal ulangan tema 1 dapat terdiri dari berbagai format, antara lain:</p>
<ol>
<li><strong>Pilihan Ganda:</strong> Soal dengan beberapa pilihan jawaban, siswa memilih satu jawaban yang paling tepat.</li>
<li><strong>Isian Singkat:</strong> Soal yang jawabannya berupa kata atau frasa pendek.</li>
<li><strong>Benar Salah:</strong> Pernyataan yang harus dinilai benar atau salah.</li>
<li><strong>Menjodohkan:</strong> Memasangkan pernyataan atau gambar dengan jawaban yang sesuai.</li>
<li><strong>Uraian:</strong> Soal yang membutuhkan jawaban yang lebih panjang dan detail.</li>
</ol>
<p><strong>C. Contoh Soal Ulangan Tema 1 Kelas 4 K13</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh soal ulangan tema 1 kelas 4 K13 yang mencakup berbagai mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn) dan format soal:</p>
<p><strong>Bagian 1: Pilihan Ganda</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Sikap yang sebaiknya kita tunjukkan terhadap perbedaan suku bangsa adalah…<br />
a.  Mencela suku bangsa lain<br />
b.  Menghormati dan menghargai<br />
c.  Menganggap suku sendiri paling baik<br />
d.  Menjauhi orang dari suku lain<br />
<strong>Jawaban: b</strong></p>
</li>
<li>
<p>Bunyi dapat merambat melalui media berikut, <em>kecuali</em>…<br />
a.  Udara<br />
b.  Air<br />
c.  Benda padat<br />
d.  Ruang hampa<br />
<strong>Jawaban: d</strong></p>
</li>
<li>
<p>Gagasan utama dalam sebuah paragraf disebut juga…<br />
a.  Gagasan pendukung<br />
b.  Ide pokok<br />
c.  Kalimat penjelas<br />
d.  Kesimpulan<br />
<strong>Jawaban: b</strong></p>
</li>
<li>
<p>Contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah adalah…<br />
a.  Berkelahi dengan teman<br />
b.  Mengejek teman yang berbeda agama<br />
c.  Piket kelas bersama-sama<br />
d.  Mencontek saat ulangan<br />
<strong>Jawaban: c</strong></p>
</li>
<li>
<p>Bagian telinga yang berfungsi menangkap getaran bunyi adalah…<br />
a.  Rumah siput<br />
b.  Gendang telinga<br />
c.  Saluran Eustachius<br />
d.  Tulang martil<br />
<strong>Jawaban: b</strong></p>
</li>
<li>
<p>Salah satu contoh keragaman budaya di Indonesia adalah…<br />
a.  Bahasa Inggris<br />
b.  Makanan cepat saji<br />
c.  Tari Saman<br />
d.  Film Hollywood<br />
<strong>Jawaban: c</strong></p>
</li>
<li>
<p>Pancasila sila ke-3 berbunyi…<br />
a.  Ketuhanan Yang Maha Esa<br />
b.  Kemanusiaan yang adil dan beradab<br />
c.  Persatuan Indonesia<br />
d.  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan<br />
<strong>Jawaban: c</strong></p>
</li>
<li>
<p>Contoh sikap toleransi antar umat beragama adalah…<br />
a.  Memaksakan agama sendiri kepada orang lain<br />
b.  Menghormati teman yang sedang beribadah<br />
c.  Mengejek agama orang lain<br />
d.  Melarang teman untuk beribadah<br />
<strong>Jawaban: b</strong></p>
</li>
<li>
<p>Benda yang dapat menyerap bunyi disebut…<br />
a.  Sumber bunyi<br />
b.  Isolator bunyi<br />
c.  Konduktor bunyi<br />
d.  Resonator bunyi<br />
<strong>Jawaban: b</strong></p>
</li>
<li>
<p>Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah…<br />
a.  Sumatera Barat<br />
b.  Jawa Tengah<br />
c.  Sulawesi Selatan<br />
d.  Bali<br />
<strong>Jawaban: c</strong></p>
</li>
</ol>
<p><strong>Bagian 2: Isian Singkat</strong></p>
<ol>
<li>Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat adalah …. (Angklung)</li>
<li>Sikap menghargai perbedaan disebut …. (Toleransi)</li>
<li>Bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli disebut …. (Gema)</li>
<li>Kalimat yang mengandung ide pokok disebut kalimat …. (Utama)</li>
<li>Organ tubuh yang digunakan untuk mendengar adalah …. (Telinga)</li>
</ol>
<p><strong>Bagian 3: Benar Salah</strong></p>
<ol>
<li>(B) Kita harus menghormati teman yang berbeda suku. (Benar/Salah)</li>
<li>(S) Bunyi tidak dapat merambat melalui air. (Benar/Salah)</li>
<li>(B) Gotong royong adalah contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan. (Benar/Salah)</li>
<li>(S) Semua agama mengajarkan kebaikan. (Benar/Salah)</li>
<li>(B) Kebisingan dapat merusak pendengaran. (Benar/Salah)</li>
</ol>
<p><strong>Bagian 4: Menjodohkan</strong></p>
<p>Pasangkan pernyataan di kolom A dengan jawaban yang sesuai di kolom B.</p>
<table>
<thead>
<tr>
<th>Kolom A</th>
<th>Kolom B</th>
</tr>
</thead>
<tbody>
<tr>
<td>1. Tari Pendet</td>
<td>a. Sumatera Utara</td>
</tr>
<tr>
<td>2. Rumah Gadang</td>
<td>b. Bali</td>
</tr>
<tr>
<td>3. Alat musik Sasando</td>
<td>c. Sumatera Barat</td>
</tr>
<tr>
<td>4. Danau Toba</td>
<td>d. Nusa Tenggara Timur</td>
</tr>
<tr>
<td>5. Upacara Ngaben</td>
<td>e. Proses pembakaran jenazah di Bali</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<p>Jawaban: 1-b, 2-c, 3-d, 4-a, 5-e</p>
<p><strong>Bagian 5: Uraian</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Mengapa kita harus menghargai perbedaan yang ada di Indonesia? Jelaskan dengan memberikan contoh!<br />
<em>(Jawaban: Karena perbedaan adalah kekayaan bangsa. Dengan menghargai perbedaan, kita dapat hidup rukun dan damai, serta membangun bangsa yang lebih kuat. Contoh: menghormati teman yang berbeda agama saat mereka beribadah, tidak mengejek teman yang berbeda suku, membantu teman yang kesulitan tanpa memandang perbedaan.)</em></p>
</li>
<li>
<p>Jelaskan bagaimana cara kerja telinga dalam menangkap bunyi!<br />
<em>(Jawaban: Getaran bunyi masuk ke telinga melalui daun telinga, kemudian menggetarkan gendang telinga. Getaran dari gendang telinga diteruskan ke tulang-tulang pendengaran (martil, landasan, sanggurdi). Tulang-tulang pendengaran memperkuat getaran dan meneruskannya ke rumah siput (koklea). Di dalam rumah siput terdapat sel-sel rambut yang mengubah getaran menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik ini kemudian dikirim ke otak melalui saraf pendengaran, sehingga kita dapat mendengar bunyi.)</em></p>
</li>
<li>
<p>Berikan contoh kegiatan gotong royong yang pernah kamu lakukan di lingkungan rumah atau sekolah! Apa manfaat dari kegiatan tersebut?<br />
<em>(Jawaban: Contoh: membersihkan lingkungan rumah bersama-sama dengan tetangga, membersihkan kelas bersama-sama dengan teman-teman. Manfaat: pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai, mempererat hubungan antarwarga, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.)</em></p>
</li>
<li>
<p>Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf berikut:</p>
<p>"Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap daerah memiliki adat istiadat, bahasa, dan kesenian yang berbeda-beda. Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik dan menarik. Kita harus bangga dengan kekayaan budaya Indonesia."</p>
<p><em>(Jawaban: Gagasan pokok: Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Gagasan pendukung: Setiap daerah memiliki adat istiadat, bahasa, dan kesenian yang berbeda-beda; Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik dan menarik; Kita harus bangga dengan kekayaan budaya Indonesia.)</em></p>
</li>
</ol>
<p><strong>D. Kunci Jawaban dan Pembahasan</strong></p>
<p>Kunci jawaban untuk soal pilihan ganda, isian singkat, benar salah, dan menjodohkan telah disertakan di atas. Untuk soal uraian, guru perlu memberikan penilaian berdasarkan kelengkapan, ketepatan, dan kejelasan jawaban siswa.</p>
<p><strong>E. Tips dalam Mengerjakan Soal Ulangan</strong></p>
<ol>
<li><strong>Baca Soal dengan Cermat:</strong> Pahami maksud dari setiap pertanyaan sebelum menjawab.</li>
<li><strong>Kerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu:</strong> Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan menghemat waktu.</li>
<li><strong>Periksa Kembali Jawaban:</strong> Pastikan tidak ada soal yang terlewat dan jawaban sudah sesuai dengan pertanyaan.</li>
<li><strong>Berdoa:</strong> Memohon kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal.</li>
</ol>
<p><strong>F. Kesimpulan</strong></p>
<p>Contoh soal ulangan tema 1 kelas 4 K13 di atas diharapkan dapat membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ulangan. Penting untuk diingat bahwa belajar bukan hanya tentang menghafal jawaban, tetapi juga memahami konsep-konsep dasar yang diajarkan dalam tema ini. Dengan pemahaman yang baik, siswa akan mampu menjawab soal dengan benar dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru juga diharapkan dapat menggunakan contoh soal ini sebagai referensi dalam menyusun soal ulangan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di kelasnya. Semangat belajar!</p>

    
    
     
     <div class= Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *